http://www.blogsvertise.com/?rid=b33848
PENGUNJUNG SAAT INI

Bus Penumpang Terbalik, Seorang Tewas dan Tujuh Luka Berat

Bus penumpang CV Sepadan BK 7601 TH terbalik di Km 17-18 Jalan Siantar-Perdagangan, tepatnya di kawasan Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Simalungun, menyebabkan seorang tewas dan 7 luka berat, Minggu(4/4) pagi.(Selengkapnya...)

KATEGORI BERITA

Selasa, 13 Oktober 2009


Label:

Dua Ekonom Amerika Dapat Hadiah Nobel Ekonomi

Senin, 12 Oktober 2009 18:01

Stockholm, (Analisa)

Ekonom Amerika Elinor Ostrom dan Oliver Williamson memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi 2009 untuk karya mereka dalam bidang ekonomi, komite penghargaan itu mengatakan di Stockholm, Swedia, Senin (12/10).

Royal Swedish Academy of Sciences mengatakan, 10 juta crown Swedia (US $1,4 juta) dihadiahkan kepada Ostrom karena membuktikan bagaimana properti umum bisa dikelola dengan buruk oleh asosiasi pengguna dan seyogianya diatur oleh otorita pusat atau diprivatisasikan; dan Williamson untuk teorinya tentang resolusi konflik korporat.

Transaksi ekonomi berlangsung tidak hanya di pasar, tapi juga di dalam perusahaan-perusahaan, asosiasi, rumahtangga, dan berbagai jenis badan.


Mengingat teori ekonomi telah menjelaskan secara komprehensif segala kebaikan dan keterbatasan pasar, hal itu juga secara tradisional tidak begitu memperhatikan persyaratan-persyaratan institusional (kelembagaan) lainnya.

Riset Elinor Ostrom dan Oliver Wiliamson menunjukkan bahwa analisa ekonomi bisa memberi penjelasan tentang sebagian besar bentuk organisasi sosial.

"Selama tiga dasawarsa terakhir, kontribusi yang mungkin berkembang ini memiliki penelitian tentang pengaturan ekonomi maju dari nyaris ketiadaan hingga sangat mendapat perhatian ilmiah," kata komite tersebut dalam sebuah pernyataan.

Hadiah Nobel Ekonomi, yang secara resmi disebut Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel, ditetapkan tahun 1968.

Ini tidak termasuk di dalam kelompok hadiah yang ditetapkan atas keinginan hartawan Nobel tahun 1895. (Rtr/sy.a)
Kembali ke Halaman Sebelumnya

0 komentar:

Berita Terkait :

LOWONGAN KERJA