http://www.blogsvertise.com/?rid=b33848
PENGUNJUNG SAAT INI

Bus Penumpang Terbalik, Seorang Tewas dan Tujuh Luka Berat

Bus penumpang CV Sepadan BK 7601 TH terbalik di Km 17-18 Jalan Siantar-Perdagangan, tepatnya di kawasan Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Simalungun, menyebabkan seorang tewas dan 7 luka berat, Minggu(4/4) pagi.(Selengkapnya...)

KATEGORI BERITA

Selasa, 13 Oktober 2009


Label:

Guru Pengawas Berperan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Medan, (Analisa)

Guru pengawas sekolah berperan penting meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap proses pembelajaran di dalam kelas.

Karena itu, pengawas dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak sekolah dan guru selaku pihak yang diawasinya.

Ketua Program Studi Admistrasi Pendidikan, Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, Prof Dr H Syaiful Sagala menjelaskan hal itu, Kamis (8/10).

Syaiful Sagala yang menyampaikan itu pada Lokakarya Supervisi Klinis mata kuliah Supervisi Pendidikan Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unimed di gedung serba guna kampus itu mengungkapkan, pengawas sekolah melakukan supervisi terutama bagaimana agar terlaksana proses pembelajaran dengan baik dan benar serta mencerminkan pembelajaran yang aktif, kreatif , efektif dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa.

Supervisi pendidikan merupakan ilmu terapan yang harus digunakan dalam meningkatkan mutu pelayanan sumber daya manusia terhadap calon-calon sumber daya lainnya. "Pengawasan tersebut akan berhasil jika didasarkan pada prinsip-prinsip pendekatan dan teknik teknik yang tepat serta hubungan komunikasi yang baik antara pengawas sekolah dengan guru-guru binaannya,"katanya.

Masukan

Ia mengatakan tugas utama pengawas sekolah adalah memberi masukan kepada guru dalam hal menemukan metode dan teknik baru yang digunakan guru dalam mengajar. Dalam pendidikan dan pengajaran, usaha supervisor lebih diarahkan kepada upaya menumbuh kembangkan kepemimpinan para guru yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan situasi belajar mengajar.

Menurut dia, ada tiga unsur penting dalam pengawasan pendidikan, yakni prilaku pengawas harus dapat menjadi panutan dan intensitas pengawasan yang diberikan harus berkesinambungan.

Ketua panitia kegiatan Ir Rabukit Damanik didampingi sekretaris Harianta Sembiring mengatakan, supervisi pendidikan merupakan salah satu usaha pelayanan terhadap guru dan persolan pendidikan lainnya, baik secara kelompok maupun secara individual dalam dalam upaya memperbaiki situasi belajar mengajar kearah yang lebih baik.

"Dengan adanya pengawasan ini para guru akan merasa ditemani dan tidak bekerja sendiri terutama dalam hal perbaikian-perbaikan proses pembelajaran bagi siswa", ucapnya.

Kemudian dengan pengawasan yang baik itu, guru meningkatkan kompetensi dan sof skillnya dalam mengajar sehingga out put yang dihasilkan relevan dengan peningkatan kualitas pendidikan, jelas Damanik yang juga Kepala Sekolah SMA-SMK Yayasan Perguruan Laksamana Martadinata Medan ini. (rmd)

Kembali ke Halaman Sebelumnya

0 komentar:

Berita Terkait :

LOWONGAN KERJA