http://www.blogsvertise.com/?rid=b33848
PENGUNJUNG SAAT INI

Bus Penumpang Terbalik, Seorang Tewas dan Tujuh Luka Berat

Bus penumpang CV Sepadan BK 7601 TH terbalik di Km 17-18 Jalan Siantar-Perdagangan, tepatnya di kawasan Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Simalungun, menyebabkan seorang tewas dan 7 luka berat, Minggu(4/4) pagi.(Selengkapnya...)

KATEGORI BERITA

Senin, 05 April 2010


Label:

AHTRMI Dukung Program Penghijauan ; Setiap Tahun Indonesia Kehilangan 1,2 Juta Hektare Hutan

harian analisaMedan, (Analisa)

Dari sekitar 135 juta hektare hutan lahan hijau di Indonesia tercatat 70 juta hektare sudah kritis dan diperkirakan kerusakan semakin bertambah parah akibat maraknya eksploitasi hutan dan penebangan hutan untuk pembukaan lahan perkebunan serta pemukiman.

"Kondisi ini perlu segera ditanggulangi dengan program penghijauan lahan dan hutan yang telah gundul", kata Ketua Umum DPP Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI) Basyaruddin Siregar SP di Medan, Kamis (1/4)

Dia mengemukakan hal itu terkait dengan pelantikan DPW AHTRMI Sumut dalam waktu dekat sekaligus pelaksanaan program penghijauan lahan dan hutan di daerah ini.

Basyaruddin yang didampingi Ketua DPW AHTRMI Sumut FJ Pinem dan pengurus lainnya memperkirakan setiap tahun kehilangan 1,2 juta hektar hutan . Seperti halnya di Kaliman Barat 4 juta hektare hutan lahan sudah mengalami kritis. Justru itu perlu percepatan penghijauan di seluruh tanah air.

Diakuinya Departemen Kehutanan menghadapi kesulitan besar untuk menyukseskan program penghijauan lahan dan hutan yang telah gundul. Meski banyak organisasi kemitraan maupun LSM yang membantu program pemerintah tersebut.

"AHTRMI berkomitmen mendukung program penghijauan dan lahan tak produktif di tanah air. Kita sudah menyiapkan 100 ribu rimbawan-rimbawati di setiap provinsi. Kita juga mengajak masyarakat berperan aktif membantu program ini", pinta Basyaruddin.

Siapkan

Tahun ini Kementerian Kehutanan sudah menyiapkan 500 ribu hektare lahan di seluruh Indonesia untuk dihijaukan dengan berbagai tananam. Di antaranya tanaman Seigon dan Jati.

Menyinggung penghijauan di Sumut, menurut dia dalam waktu dekat AHTRMI melakukan penanaman perdana di Kabupaten Langkat dalam waktu dekat seluas 3.085 hektare. Ini sudah ada keputusan Menteri Kehutanan.

Selain itu penghijauan juga dilakukan di Asahan, Madina, Labuhan Batu, Simalungun dan Palas, Danau Toba dan sepanjang Sungai Deli di Medan. Sekitar 40 ribu hektare akan ditanami karet pejambon, 70 persen ditanam tanaman pokok keras dan 30 persen tanaman produktif.

"Kita memiliki strategi dalam melaksanakan penghijauan disamping memiliki ratusan Litbang yang ahli dalam program Hutan Tanaman Rakyat atau HTR", jelas Basyaruddin. (bay)




Back



0 komentar:

Berita Terkait :

LOWONGAN KERJA