http://www.blogsvertise.com/?rid=b33848
PENGUNJUNG SAAT INI

Bus Penumpang Terbalik, Seorang Tewas dan Tujuh Luka Berat

Bus penumpang CV Sepadan BK 7601 TH terbalik di Km 17-18 Jalan Siantar-Perdagangan, tepatnya di kawasan Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Simalungun, menyebabkan seorang tewas dan 7 luka berat, Minggu(4/4) pagi.(Selengkapnya...)

KATEGORI BERITA

Jumat, 27 November 2009


Label:

Mantan PM Thailand Samak Sundaravej Meninggal

Bangkok, (Analisa)

Samak Sundaravej, seorang tokoh politisi sayap kanan dan pembawa acara masak memasak di televisi yang bertugas singkat sebagai perdana menteri Thailand

dan menganggap dirinya mewakili pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra yang digulingkan, meninggal akibat kander, Selasa (24/11). Dia tutup usia 74 tahun.

Samak meninggal di RS Internasional Bumrungrad di Bangkok setelah berjuang lama melawan kanker hati, kata pejabat rumah sakit Navachamol Sangkaew. Samak menjalani perawatan penyembuhan penyakit kanker akhir tahun lalu di AS dan tidak banyak menonjolkan diri sekembalinya ke Thailand.

Dikenal sebagai pembicara apa adanya yang cenderung jorok, karir politik Samak terentang salam empat dasawarsa termasuk inkarnasi sebagai seorang pengacau anti-komunis,tapi banyak pendukung paling banyak mengenangnya dalam acaranya di televisi berjudul "Tasting and Complaining." kombinasi acara masak tradisional Thailand dan sangat ahli dalam masalah-masalah binatang peliharaan.

Di antara para politisi pertama Thailand yang menyatakan dukacita mereka adalah mantan PM Thaksin, yang dipaksa keluar dalam kudeta 2006 dan mengetahui kematian Samak dari tempat pengasingannya secara sukarela. Dia juga menyatakan penyesalannya karena dia tidak dapat kembali ke negara itu untuk menghadiri pemakaman tersebut.

Somchai Wangsawat, yang menggantikan Samak sebagai perdana menteri setelah bertugas sebagai wakilnya, menyebutnya seorang pemimpin dihormati yang mengabdikan seluruh hidupnya pada politik dan demokrasi.

"Saya senantiasa meminta nasehatnya. Saya sangat memuja dan mencintainya," kata Somchai kepada para wartawan. "Selama kehidupan terhormat Samak,dia merupakan seorang politisi yang setia kepada rakyat dan seseorang yang mempunyai pendirian kuat menopang negara itu."

Membawakan acara di televisi mengakhiri karir politik Samak, yang mencapai puncaknya pada Desember 2007 ketika dia menjadi perdana menteri ke-25 negara itu -- satu tugas yang bertahan hanya sembilan bulan.

Masa jabatan Samak sebagai perdana menteri bertepatan dengan salah satu krisis politik terburuk dalam sejarah Thailand dan menyusul September 2006 yang menggulingkan Thaksin. Samak naik ke tampuk kekuasan sebagai wakil yang dinyatakan sendiri bagi Thaksin, yang tinggal di pengasingan. Samak menjadi fokus rapat-rapat umum jalanan oleh para pemrotes anti-Thaksin dan menuntut pengunduran dirinya. (AP/hr)


0 komentar:

Berita Terkait :

LOWONGAN KERJA